Rabu, 30 November 2016

Inovasi baru Google Translate, penerjemahan semakin akurat


google translate neural machine translation techno terkini
Techno Terkini – Diusianya yang ke 10 Google Translate terus berinovasi untuk memberikan yang terbaik kepada penggunaannya. Komitmen tersebut terbukti dengan diciptakannya sebuah model sistem penerjemah baru,  yang diberi nama “ Neural Machine Translation”. Model sistem tersebut akan menggantikan model sistem lama yang menggunakan model statistik untuk penerjemahnya.

Dilansir dari blog resmi Google, Senin ( 15/11/2016 ) oleh Techno Terkini, tim peneliti dari Google Translate mengklaim bahwa model sistem Neural Machine Translation lebih baik dalam proses penerjemahannya dibadingkan model sistem yang lama. Sebab model sistem yang baru mampu menerjemahkan seluruh kalimat dengan waktu yang singkat, tanpa memotong motong kalimat. Kemudian mampu mencocokkan terjemahan yang paling relevan, kemudian menata kembali untuk dijadikan seperti tata bahasa orang berbicara dengan benar.

google translate neural machine translation techno terkini
foto : dok.google

Tim peneliti Google Translate mengungkapkan bahwa akan menggunakan Neural Machine Translation untuk bekerja dengan 8 bahasa yang akan di terjemahkan ke bahasa inggris. Delapan bahasa tersebut meliputi Perancis, Jerman, Spanyol, Portugis, Cina, Jepang, Korea dan Turki. Tim juga mengungkapkan bahwa bahasa tersebut sudah mewakili bahasa asli sepertiga dari populasi dunia.

“Sekarang ini menuju ke Neural Machine Translation merupakan tonggak penting bagi  Google Translate, tapi selalu ada pekerjaan yang harus dilakukan  dan kami terus belajar dari waktu ke waktu dan kami terus bergantung pada komunitas penerjemah ” kata Barak Turovsky pimpinan produk Google Translate.


Untuk sementara model sistem Neural Machine Translation akan diterapkan di 8 pasang bahasa yang ada  di Google Pencarian, Google Translate App dan situs. Untuk kedepannya akan diterapkan ke semua 103 bahasa yang ada di dunia.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment