Jumat, 25 November 2016

Konsep Teknologi Baru Untuk Baterai Smartphone

teknologi baterai super oleh tim peneliti University Of Central Florida’s (UCF) nanosains Technology Center
foto : dok. ibtimes
Tekno Terkini -  Smartphone dan baterainya merupakan satu kesatuan yang tidak mungkin dipisahkan dari sebuah smartphone. Smartphone akan tetap bekerja jika di suplai daya oleh sebuah baterai, maka tidak dipungkiri bahwa peranan baterai sangat penting untuk penggunaan smartphone. Banyak dari pengguna smartphone yang merasa kecewa jika daya baterai sudah low batteray, sebab smartphone terkenal paling cepat menghabiskan daya baterai.

Dilansir dari IBTimes Rabu (23/11/2016) di University Of Central Florida’s (UCF) Nanosains Technology Center telah dikembangkan sebuah konsep baterai super untuk smartphone yang dapat menyimpan daya lebih besar dan dapat dilakukan isi ulang selama 30.000 Kali. Hal tersebut sangat luar biasa sekali sebab menurut tim ilmuwan di University Of Central Florida’s (UCF) Nanosains Technology Center mengatakan bahwa baterai yang ada di smartphone yang beredar sekarang ini lebih cepat mengalami penghilangan  daya jika  sudah digunakan sekitar 18 bulan. Menurut tim peneliti,  konsep baterai tersebut dapat digunakan untuk smartphone, gadget elektronik dan kendaraan listrik.

Salah satu  tim ilmuwan di University Of Central Florida’s (UCF) nanosains Technology Center yaitu Nitin Choundhary mengatakan bahwa, dengan teknologi super kapsitor ini proses pengisian baterai hanya beberapa detik saja dan tidak memerlukan biaya yang besar lagi.

Tim peneliti juga berpendapat bahwa konsep baru yang diciptakan ini menghasilkan sebuah baterai super yang tidak mengalami penurunan setelah diisi ulang hingga 30.000 kali. Sedangkan untuk sebuah baterai lithium-ion dapat diisi kurang dari 1.500 kali sebelum mulai penurunan. Selain itu salah satu tim yang bernama Engadget juga berpendapat bahwa metode ini dapat menghasilkan kapasitas tinggi baterai 20 kali lebih lama dari baterai lithium-ion standar.

“Penemuan konsep ini baru proses mematenkan jadi belum siap untuk dikomersialkan”  kata Yeonwoong Eric jung profesor yang bekerja dengan nanosains Technology Center dan The Materials Science & Engineering Departement yang dikutip dari ibtimes jum’at (25/11/2016) oleh Tekno Terkini.

Memang konsep teknologi untuk baterai ini sangat luar biasa sekali sebab di era smartphone sekarang ini, peranan teknologi baterai sangat penting untuk menjaga agar smartphone tetap bisa digunakan sepanjang hari. Semoga baterai tersebut bisa segera diproduksi secara masal sehingga pengguna smartphone atau yang lainnya bisa menikmati teknologi baterai tersebut.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment