Sabtu, 26 November 2016

cara aman belanja online dengan kartu kredit

mengulas tips aman belanja online dari kaspersky lab


Tekno Terkini – Sekarang ini masyarakat dunia khususnya masyarakat indonesia lebih menyukai belanja menggunakan media online. Alasan mereka menyukai belanja secara online disebabkan cukup praktisnya saat melakukan transaksi belanja. Berbeda jika berbelanja dengan menggunakan  cara konvensional, harus mendatangi toko dan belum tentu toko tersebut ada barang yang akan kita beli, selain itu kita tidak bisa leluasa memilah-milah barang dan membandingkan harga yang akan dibeli. Maka tak heran di Indonesia ini banyak pelaku-pelaku usaha yang membuka lapak mereka di dunia maya.

Dengan menjamurnya trend online shop tersebut membuat sebagian oknum melakukan celah kejahatan di dunia maya. Tak segan-segan para oknum berusaha memanfaatkan celah keamanan dari jaringan internet maupun dari pengguna online shop untuk mencuri account dan password keuangan mereka. Untuk itu Tekno Terkini akan memberikan tips aman belanja online menggunakan kartu kredit  yang dilansir dari Kaspersky Lab adalah sebagai berikut :

1.    Kegunakan search engine  yang aman
Saat ada ingin mencari produk online di internet pastikan menggunakan search engine yang benar-benar aman. Apa itu search engine ?, search engine merupakan mesin pencari di internet atau contohnya seperti google, yang digunakan untuk surfing di internet. Banyak pelaku siber crime memanfaatkan celah ini untuk membuat search engine palsu yang menyertakan virus berbahaya di daftar hasil pencarian search engine yang digunakan oleh penggunaanya.

2.    Ketik URL ke Addreass bar
Hindari mengeklik link  alamat website online shop yang sudah ada di alamat web orang lain, pastika anda menulis alamat website online shop langsung di addreass bar browser yang anda gunakan. Memang cara ini agak merepotkan tetapi mencegah anda terjebak ke dalam website yang palsu.

3.    Dapatkan kartu kredit sementara
Sekarang ini sebagian perusahaan kartu kredit akan mengeluarkan nomor kartu kredit sementara untuk pelanggan mereka. Angka kartu kredit sementara dapat berguna untuk pembelian satu kali. Namun, Anda harus menghindari menggunakannya untuk setiap pembelian yang memerlukan perpanjangan otomatis atau pembayaran reguler.

4.    Sediakan komputer kusus untuk belanja online atau untuk transaksi keuangan
Untuk keamanan tambahan, Anda bisa menggunakan komputer khusus untuk perbankan online dan belanja. Tindakan itu untuk menjaga supaya komputer yang digunakan benar-benar bebas dari virus komputer dan infeksi lain. Dalam rangka untuk membantu tetap bersih, komputer tidak boleh digunakan untuk surfing di internet, jejaring sosial, atau email. Kalau bisa Install Google Chrome, lalu setting khusus untuk alamat web dengan HTTPS saja.

5.     Mengelola dan melindungi password online Anda
Menggunakan password manager dapat membantu Anda untuk menangani beberapa account dan password. Dengan menggunakan password manager, account dan password anda jauh lebih aman dari pada tidak menggunakan sama sekali. Beberapa produk perangkat lunak antivirus dan keamanan internet biasanya terdapat fitur  manajemen password dan fitur keamanan password.

6.    Hati-hati menggunakan jaringan wifi publik
Mengakses Internet melalui jaringan Wi-Fi publik sangat rentan dengan faktor keamanan. Penjahat dunia maya dapat mencegat data dan mencuri password Anda, rincian login, dan informasi keuangan. Jika Anda perlu untuk mengakses internet ketika Anda berbelanja online, lebih amannya melakukannya melalui jaringan seluler Anda. Jika Anda terpaksa menggunakan Wi-Fi publik gunakan tips aman menggunakan Wi-Fi publik ala Kaspersky Lab

7.    Pertimbangkan untuk menggunakan tablet
Jika Anda memiliki perangkat berbasis Linux seperti Samsung tablet atau perangkat lain yang menjalankan sistem operasi Linux, mungkin lebih aman untuk melakukan transaksi online. Apel iPads kemungkinan resiko dieksploitasi sangat kecil saat Anda gunakan untuk berbelanja online, asalkan perangkat Anda belum terkena serangan. Namun, selalu ingat untuk menghindari penggunaan jaringan Wi-Fi publik untuk berbelanja online, jika tidak risiko password dan data lainnya bisa dicuri. 

8.    Gunakan alamat email khusus

Perlu dipertimbangkan untuk menciptakan alamat email khusus dalam berbelanja online. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengurangi risiko berbahaya email atau pesan spam yang menyamar sebagai promosi penjualan atau pemberitahuan lainnya. Jika pesan tersebut dikirim ke alamat email utama Anda, anda beresiko mendapatkan ancaman dari serangan hacker, dengan modus mengirim pesan promosi.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment