Sabtu, 26 November 2016

Tips Aman Menggunakan WI-FI Publik Ala Kaspersky Lab



Tekno Terkini – Jaringan WI-FI publik sekarang ini sudah menjamur di mana-mana. Hal tersebut disebabkan adanya kebutuhan internet yang besar dari masyarakat. Masyarakat menilai bahwa fasilitas WI-FI publik merupakan saranan berinternetan yang sangat murah. Dikutip dari laman website Kaspersky Lab Sabtu (26-11-2016) oleh tekno terkini, dalam survei terbarunya tercatat bahwa 70% pemilik tablet dan 53% pemilik smartphone atau ponsel mereka menggunakan fasilitas WI-FI publik yang ada di lingkungan sekitar. Tim survei menilai bahwa data yang dikirim melalui WI-FI publik lebih mudah disadap sehingga informasi pribadi, uang dan identitas digital mereka sangat dipertaruhkan. Selain itu resiko sangat besar bisa  terjadi bila perangkat mereka tidak dilindungi oleh anti malware.


ulasan tentang tips menggunakan wi-fi publik dari kaspersky lab
Foto : dok.wisegeek.org


Resiko-resiko besar dari penggunaan WI-FI publik dapat diminimalisir jika masyarakat menggunakan fasilitas WI-FI publik dengan hati-hati. Untuk itu Tekno Terkini akan membagikan tips aman menggunakan WI-FI publik yang disarankan oleh tim ahli keamanan  internet dari Kaspersky Lab.

1.    Sadari
Selalu sadari resiko penggunaan WI-FI publik dengan cara hati-hati dalam penggunaanya. Karena kumingkinan resiko yang besar bisa terjadi tanpa kita sadari. Sebagaian orang memang tidak terasa kalau sudah terjebak dalam kejahatan siber crime.

2.     Waspadai terhadap WI-FI publik yang ada
Jangan gunakan sebarang WI-FI publik yang ada disekitar kita, walaupun itu gratis dalam penggunaannya karena pelaku siber crime memanfaatkan celah ini untuk menangkap informasi pribadi pengguna  yang mungkin itu sangat penting atau sangat privasi untuk diketahui orang lain.


3.     Pilihlah WI-FI publik yang menurut anda aman
Gunakanlah WI-FI publik yang menurut anda aman untuk digunakan. Pastikan penyedia WI-FI publik tersebut tidak ada niat jahat terhadap pengguna WI-FI publiknya. Dan pastikan penyedia WI-FI publik tersebut benar-benar jelas dari segi latar belakangnya.

4.     Gunakanlah VPN ( Virtual Private Network)
Gunakanlah VPN ketika Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, jika menggunakan VPN Anda akan menggunakan 'terowongan pribadi' yang mengenkripsi semua data Anda yang melewati jaringan. Hal ini dapat membantu untuk mencegah kriminal di dunia maya yang mengintai di jaringan dan  menyadap data Anda.

5.     Hindari mengakses data pribadi anda
Jangan sekali-kali anda menggunakan WI-FI publik untuk mengirim informasi yang bersifat pribadi, karena kemungkinan orang lain bisa menyadap jaringan dan mengambil data informasi pribadi milik anda.

6.     Pertimbangkan untuk menggunakan ponsel  
Jika anda sangat perlu sekali untuk mengakses informasi pribadi anda, maka lebih baik jika menggunakan smartphone anda. Karena jaringan internet di smartphone anda lebih aman dari serangan siber crime yang ingin mencuri data pribadi anda atau sekedar memata-matai .

7.     Lindungilah Perangkat anda dengan anti malware
Gunakanlah software anti malware yang ada percayai untuk lebih melindungi perangkat anda dari serangan virus yang dibuat oleh pelaku siber crime. Pastikan software anti malware tersebut selalu di perbarui setiap saat.


Itulah 7 tips aman menggunakan WI-FI publik dari tim keamanan internet Kaspersky Lab, semoga bisa bermanfaat bagi sahabat tekno terkini.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment