Selasa, 29 November 2016

Tips Menjaga Smartphone dari Serangan Cyber


7 tips aman smartphone dari cyber crime techno terkini


Techno Terkini – Dari tahun ke tahun penggunaan smartphone atau perangkat mobile lainnya semakin meningkat. Penggunaan smartphone tak sebatas untuk menelpon atau berkirim pesan melainkan untuk kegiatan sehari-hari, diantaranya belanja online, proses perbankan, pembayaran tagihan online, bersosial dan surfing di internet. Dari kondisi tersebut tak dipungkiri para pelaku cyber crime memanfaatkan kesempatan ini untuk menjalankan serangan cyber, demi memperoleh informasi privasi pengguna smartphone atau pengguna perangkat mobile lainnya. Sehingga para pengguna smartphone  atau perangkat mobile lainnya beresiko tinggi untuk mengalaminya.

Guna menjaga smartphone Anda dari serangan cyber, Techno Terkini akan memberikan 7 tips dari pakar keamanan internet  Kaspersky Lab tentang menjaga smartphone dari serangan cyber. Tips ini berhasil Techno Terkini rangkum dari situs resminya di tautan ini

Tips Pertama
Tetap Terkunci
Mangsut dari tips pertama yaitu tetap terkunci adalah pastikan smartphone Anda dalam kondisi terkunci. Jangan sampai Anda meninggalkan smartphone Anda, dalam kondisi tidak terkunci.  Dengan langkah tersebut, smartphone Anda lebih kecil beresiko jatuh ketangan para pelaku kejahatan cyber. Dan jangan sampai smartphone Anda tidak  menggunakan pengunci sama sekali, sebab resikonya jauh lebih besar.

Tips Kedua
Mengenkripsi Informasi Pribadi Anda
Jika smartphone Anda mempunyai fitur enkripsi data, Anda dapat menggunakannya. Dengan menggunakan fasilitas enkripsi data tersebut, apabila smartphone Anda jatuh ke tangan pelaku cyber crime, informasi pribadi Anda jauh lebih aman, sebab pelaku cyber crime akan kesulitan mengakses data pribadi Anda, karena datanya sudah terenkripsi.

Tips Ketiga
Selalu Amati Izin Akses / Permintaan dari Aplikasi  di Smartphone Anda
Selalu amati izin akses / permintaan dari aplikasi yang berjalan pada ponsel Anda. Ini terutama penting untuk melakukan hal tersebut untuk smartphone Android. Jika izin akses / permintaan dari aplikasi ada yang tak wajar, Anda patut untuk mencurigai aplikasi tersebut.

Tips Keempat
Pasang Anti Malware di Smartphone Anda
Untuk menjaga smartphone Anda dari serangan cyber, pastikan smartphone Anda terinstal aplikasi anti malware. Sebab para pelaku cyber crime sering menggunakan malware untuk mengotak ngatik smartphone korbannya. Dan  juga pastikan bahwa software anti malware di smartphone Anda, untuk dilakukan pembaruan secara berkala.

Tips Kelima
Sadari Resiko Melakukan Root
Jangan pernah lakukan rooting di smartphone Anda. dengan Anda melakukan proses rooting saat ingin mengakses aplikasi  atau layanan tertentu, berarti Anda telah kehilangan keamanan untuk menjaga data Anda di smartphone. Sebab rooting sifatnya merubah setingan default dari pabrik, sehingga standart keamanan yang telah ditentukan telah hilang.

 Tips Keenam
Jangan Hidupkan Bluetooth Terus Menerus
Jangan hidupkan bluetooth di smartphone Anda secara terus menerus, setelah Anda menggunakannya usahkan untuk mematikannya kembali. Sebab dengan cara tersebut, Anda akan membuat ponsel Anda lebih rentan terhadap serangan cyber dan juga dapat mengurangi daya baterai ponsel Anda.

 Tips Ketujuh
Memilih Solusi Keamanan Smartphone dengan Fitur Anti Pencurian
Gunakanlah produk keamanan smartphone yang mencakup berbagai fitur anti pencurian yang memberikan Anda akses remote ke telepon Anda saat hilang atau dicuri. Dengan melakukan hal tersebut, Anda dapat mengunci telepon, menghapus data dan menemukan lokasinya .

Itulah Ketujuh tips menjaga keamanan smartphone dari serangan cyber, semoga sahabat techno terkini dapat terbantu dengan informasi ini.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment