Jumat, 02 Desember 2016

Tips Supaya Harddisk Laptop Lebih Awet


tips  harddisk laptop supaya awet


Techno Terkini – Harddisk merupakan komponen yang cukup penting untuk sebuah laptop. Sebab harddisk mempunyai peranan penting untuk penyimpanan file system dari sebuah sistem operasi dan menyimpan file file milik pengguna yang ada di laptop. Jika sebuah harddisk mengalami kerusakan, maka efeknya sangat fatal sekali yang dapat membuat laptop tidak mampu bekerja maksimal dan  file file milik pengguna terancam hilang.

Untuk mencegah kerusakan harddisk sebuah laptop, pengguna cukup mengerti bagaimana memperlakukan sebuah harddisk laptop supaya lebih awet atau tahan lama. Pasalnya sebagian besar pengguna laptop tidak tahu sama sekali mengenai hal tersebut. Untuk itu Techno Terkini akan memberikan tips supaya harddisk laptop lebih awet atau tahan lama, Tips ini dilansir langsung dari Techno Okezone, jum’at (02/12/2016)

Jangan Matikan Laptop Tanpa Proses Shuttdown

Hindari mematikan laptop dengan cara paksa,  atau  tanpa melalui proses shuttdown. Sebab mematikan laptop cara paksa dengan memutuskan aliran listrik atau  menekan lama tombol power, dapat membuat harddisk yang tengah berputar tiba-tiba mati, yang dapat mengakibatkan kerusakan di dalam komponennya.


Hindari Menaruh Laptop di Atas Kasur

Menaruh laptop diatas permukaan yang tidak rata seperti kasur, dapat menyebabkan overheatt atau suhu panas yang berlebih di dalam laptop, dikarenakan sirkulasi udara laptop mengalami gangguan. Dengan suhu panas yang berlebih dapat membuat harddisk laptop dapat mengalami kerusakan. Maka dari itu hindari menaruh laptop di atas kasur supaya laptop lebih awet atau bertahan lama.


Jaga Harddisk dari Guncangan

Guncangan atau benturan di laptop dapat membuat komponen laptop bisa mengalami kerusakan. Salah satunya harddisk, sebab harddisk memiliki komponen yang sensisitif terhadap guncangan. Maka dari itu hindari laptop dari guncangan atau benturan untuk membuat harddisk lebih awet.


Gunakan Fitur Defragment

Salah satu perawatan terhadap harddisk adalah menggunakan fitur defragment harddisk. Dengan menggunakan fitur ini dapat menghindari fragmentasi yang dapat mengganggu kinerja sebuah harddisk. Pengguna dapat menggunakan fitur ini serutin mungkin, bisa 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali.


Hindari Menyimpan File hingga Harddisk Penuh

Hindari menyimpan file hingga harddisk penuh di Drive C ( system ), sebab dapat membuat kinerja komputer menjadi menurun karena perangkat kehabisan ruang memori. Untuk menghindari hal tersebut pengguna dapat membuat partisi khusus pada harddisk agar pengguna menyimpan file pada partisi khusus tersebut. Dengan melakukan hal tersebut dapat membuat Harddisk lebih aman dan awet.

Itulah tips supaya Harddisk laptop lebih awet atau tahan lama, lalu kira-kira bagaimana kalau membuat laptop supaya dapat awet dan tahan lama juga, untuk itu dapat mengunjungi cara merawat laptop supaya tahan lama ditautan tersebut.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment